Kamis, 09 Agustus 2012

Intip Menu Lunch Buffet Warung Jatiluwih 259...(Plecing Kangkung)

Warung Jatiluwih 259 - Salah satu menu yang ada di Lunch Buffet Warung Jatiluwih 259 adalah Plecing Kangkung. Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. Plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang pada umumnya, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

Secara umum Resep dan Pembuatan Plecing Kangkung sebagai berikut :
 
PLECING KANGKUNG
bahan : 3 ikat kangkung bumbu
(sambel plecing):
2 tomat ukuran sedang
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 lombok merah (besar) cabe rawit secukupnya sesuai selera terasi secukupnya garam secukupnya gula secukupnya jeruk purut (ini penting karena dari aroma jeruk ini yang bikin kita berselera banget)

bumbu tambahan:
parutan kelapa bawang merah putih dan lombok merah semua bumbu tambahan di haluskan campur jadi satu kemudian bisa digongso sampai setengah matang. 

cara membuat :
*kangkung dibersihkan jgn dipotong2, masak air hingga mendidih masukkan kangkung memanjang, bila telah matang angkat dan tiriskan.
*masukkan tomat, cabe, bawang mrh + pth dan lombok besar dalam kantung plastik masak dalam air mendidih.
kangkung yang telah ditiriskan disuwir2 hingga layak dikonsumsi . semua bahan sambel plecing dihaluskan. cara penyajian. letakkan kangkung dalam piring lalu ditaburi dengan kelapa terakhir tuangkan sambel diatasnya

Mungkin diantara kita sudah terbiasa dengan Menu Plecing Kangkung ini ya, tapi cobalah untuk merasakan plecing kangkung khas Warung Jatiluwih 259, dan rasakan bedanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar